Sejarah Kampuh Indonesia

Sejak berdirinya pada Tahun 2008 PT. Inovatif Teknologi Madani (INOTEKMA) atas permintaan Mitsui Engineering & Shipbuilding Co. Ltd (MES) Group – Japan, dipercaya untuk melaksanakan seleksi dan rekruitmen calon-calon Tenaga Magang yang nantinya akan di tempatkan di MES GROUP tersebut. Sebagaimana diketahui MES GROUP merupakan perusahaan di Bidang Konstruksi Bangunan Kapal atau Galangan Kapal terbesar di Jepang yang mempunyai Sembilan Galangan kapal yang tersebar di beberapa wilayah Jepang, yaitu MES CHIBA, MES TAMANO, MES YURA, MES TOKKI, MES NIIGATA, MES SHIKOKU, MES SANZO, MES OITA.
          Sejak saat itu pula PT. INOTEKMA telah melaksanakan rekruitment untuk calon Tenaga Magang yang dibutuhkan, diantaranya Juru Las (Welder), Juru Setel (Fitter), Machinery, Juru Cat (Painter). Dimana dalam prosesnya sebelum keberangkatan mereka diberikan pelatihan Bahasa & Budaya Jepang dan pengetahuan mengenai Konstruksi Bangunan Kapal, Keselamatan Kerja (K3LH), Kerohaniawan sebagai bekal persiapan selama menjalani proses pemagangan di Jepang nantinya.
Sampai saat ini jumlah siswa magang yang sudah dikirim ke Jepang sebanyak 312 siswa magang, siswa magang ini dimagangkan selama tiga (3) tahun untuk mendapatkan skill dan kompetensi yang baik, setelah kembali ke Indonesia siswa magang ini  sudah menjadi seorang yang terampil dibidangnya dan sangat berpengalaman di Bidang Konstruksi Bangunan Kapal dan mereka bekerja hampir diseluruh Galangan Kapal di Indonesia termasuk Batam. Selain itu juga ketika siswa magang ini pulang ke Indonesia mereka sudah punya kemampuan ekonomi yang cukup besar , sehingga bisa memperbaiki tingkat sosial keluarga, bisa melanjutkan kuliah, bahkan diantaranya sukses sebagai wiraswasta.
          Dalam kurun waktu tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 , untuk seleksi dan rekruitment khususnya Tenaga Las atau Welder dan Fitter tidak begitu sulit, karena jumlah tenaga cukup banyak dan kegiatan diPerusahaan Galangan Kapal dalam Negeri belum terlalu sibuk. Mulai tahun 2013 sampai saat ini untuk mencari atau merekrut Tenaga Las atau welder yang terampil dan terlatih sangatlah sulit, sementara kebutuhan Tenaga Welder terlatih dan terampil meningkat tajam baik didalam negeri dengan program poros maritim , maupun kebutuhan tenaga pengelasan diluar negeri terutama  di Jepang , Australia, dan Amerika Serikat.
        Berkaca dari fakta tersebut di atas, PT. Inovatif Teknologi Madani (INOTEKMA) merasa terpanggil untuk membantu mencetak tenaga-tenaga las yang kompeten di bidangnya, Kami berkeyakinan kebutuhan Industri dalam negeri dan luar negeri akan tenaga terampil dalam bidang Pengelasan yang memiliki sertifikat kompetensi akan meningkat pesat, sementara output BLK dan SMK yang mampu menghasilkan tenaga welder / pengelasan terbatas.
       Untuk mewujudkan itu maka di mulai medio tahun 2014 didirikanlah Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) di bidang Teknologi Las yang merupakan group PT. INOTEKMA yaitu KAMPUH INDONESIA TRAINING SCHOOL. Kampuh Indonesia dibangun sesuai dengan persyaratan pendirian Pelatihan Pengelasan Internasional, sehingga bisa menghasilkan/mencetak Juru Las Terampil yang siap pakai dan bersertifikat. Kampuh Indonesia akan beroperasi pada bulan April 2015, selain untuk membantu memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga las domestik juga untuk memenuhi kebutuhan industri luar negeri.
          KAMPUH INDONESIA adalah Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) untuk bidang Teknologi Las yang mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Selain sebagai LPKS,  KAMPUH INDONESIA juga sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk bidang pengelasan.  Tujuan pendirian LPKS KAMPUH INDONESIA adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Pengelasan, diantaranya dengan mengadakan sertifikasi yang mencakup 3 aspek
kompetensi yaitu Keahlian (Skill), Sikap (Attitude) dan Pengetahuan (Knowledge). Sehingga tercipta kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten sesuai dengan tuntutan SKKNI dan dapat bersaing dengan Sumber Daya Manusia luar negeri di dalam persaingan dalam era globalisasi.
            LPKS KAMPUH INDONESIA merupakan jembatan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia dalam bidang pengelasan. Sesuai dengan misinya yaitu Tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan bersertifikasi, di bidang Teknologi Las, ditingkat nasional maupun internasional.  Dengan didukung fasilitas yang lengkap dan manajemen yang professional, LPKS KAMPUH INDONESIA bercita-cita menjadi LPKS sekaligus TUK yang paling unggul di Indonesia.