Sejarah Kampuh Indonesia

KAMPUH WELDING INDONESIA adalah Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) dalam Bidang Teknologi Las yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta,  KAMPUH WELDING INDONESIA telah memperoleh Sertifikat Verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi  (TUK) Lembaga Sertifikasi Profesi  LAS (LSP – LAS) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Logam Mesin Indonesia (LSP-LMI) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). KAMPUH WELDING INDONESIA juga melaksanakan Kualifikasi/Sertifikasi yang bekerjasama dengan International Association of Classification Societies (IACS) Members, diantaranya Lloyd Register (Class LR) – Inggris, Nippon Kaiji Kyoukai (Class NK) – Japan. Selain dengan IACS Members, Kualifikasi/Sertifikasi juga dilaksanakan bekerjasama dengan Biro Klasifikasi Indonesia (Class BKI) – Indonesia.

Berdiri pada 26 Mei 2015 dengan nama KAMPUH INDONESIA WELDING SCHOOL hingga sekarang bertransformasi menjadi KAMPUH WELDING INDONESIA, Kampuh Indonesia Welding School Group yang terdiri dari KAMPUH WELDING INDONESIA dan KAMPUH WELDING CIKARANG berkomitmen untuk menjadi tempat pendidikan dan pelatihan sekaligus Tempat Uji Kompetensi (TUK) paling unggul di Indonesia dalam mencetak tenaga kerja bidang pengelasan yang kompeten dan bersertifikat baik nasional maupun internasional.

Salah satu hal yang melatarbelakangi pendirian KAMPUH WELDING INDONESIA adalah kebutuhan untuk juru las (welder) yang sangat tinggi, yang dituntut harus mempunyai kompetensi sesuai dengan serapan industri, baik itu kompetensi berlevel nasional maupun internasional.

Sebagai wadah untuk peningkatan SDM Bidang Pengelasan, KAMPUH WELDING INDONESIA mendapatkan fasilitas dari Pemerintah Indonesia, diantaranya melalui Kementerian Perindustrian berupa pelatihan Three in One bidang pengelasan, yaitu pelatihan, sertifikasi dan magang kerja (penempatan) di industri dalam negeri. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dengan program sertifikasi juru las (welder) untuk karyawan perusahaan konstruksi pengelasan dan siswa kejuruan. Dan melalui Pemerintah Kota Surabaya dengan program pelatihan dan sekaligus sertifikasi pengelasan untuk warga Kota Surabaya.

Selain melaksanakan program Pemerintah Indonesia, KAMPUH WELDING INDONESIA juga melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan baik BUMN maupun swasta untuk bidang pengelasan. Dengan program-program tersebut, Kampuh Welding Indonesia hingga saat ini sudah melatih dan mensertifikasi juru las (welder) sebanyak 650 juru las (welder).

Sebagai Corporate Member dari Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) atau Indonesian Welding Society (IWS) dan Ikatan Perusahaan Produsen Kapal & Sarana Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), KAMPUH WELDING INDONESIA juga menjalin kerja sama dengan Industri Galangan Kapal, Alat Berat dan Konstruksi Sipil lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri, serta beberapa perusahaan yang berhubungan dengan pengelasan, hal tersebut diwujudkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama/MOU, diantaranya dengan :

  • PAL Indonesia (PERSERO).
  • Dumas Tanjung Perak Shipyard.
  • Adiluhung Saranasegara Indonesia.
  • Yasa Wahana Tirta Samudera.
  • Janata Marina Indah.
  • Serta beberapa Subkontraktor Galangan Kapal Anggota Asosiasi Inovatif Teknologi Indonesia (AITI).
  • Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja Nasional & Industri.
  • Kementerian Pekerjaan Umum Sekretariat Jenderal Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Balai Pendidikan Dan Pelatihan Wilayah IV Surabaya.
  • Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.
  • Mitsui Engineering & Shipbuilding Co. Ltd (MES GROUP) Japan.

Saat ini KAMPUH WELDING INDONESIA sedang memproses perizinan untuk menjadi “Sending Organization” atau perusahaan sebagai organisasi pengirim untuk tenaga-tenaga magang ke Jepang. Untuk itu, selain mempersiapkan segala dokumen pengajuan, KAMPUH WELDING INDONESIA juga melaksanakan penjajakan dengan beberapa “Accepting Organization” dan “Accepting Company” atau perusahaan-perusahaan penerima siswa magang di Jepang khusus bidang pengelasan. Selain itu, KAMPUH WELDING INDONESIA juga  akan melaksanakan program kerjasama dengan Construction Industry Development Board Malaysia (CIDB) atau Lembaga Pembangunan Industri Pembinaan Malaysia.

Melanjutkan kesuksesan KAMPUH WELDING INDONESIA dan berdasar pada semakin banyaknya kebutuhan sumber daya manusia khususnya dibidang pengelasan (welder) serta berusaha menjawab permasalahan terkait dengan  juru las (welder) dari sisi kompetensinya, maka saat ini sedang dibangun KAMPUH WELDING CIKARANG, berlokasi di wilayah Cikarang Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Dari sisi sarana prasarana KAMPUH WELDING CIKARANG mempunyai kapasitas yang lebih besar dari pada KAMPUH WELDING INDONESIA.

Harapannya dengan adanya KAMPUH WELDING INDONESIA dan KAMPUH WELDING CIKARANG yang mana merupakan group dari KAMPUH INDONESIA WELDING SCHOOL, bisa menjawab dan memenuhi sumber daya manusia di bidang pengelasan yang ada di wilayah Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.

Visi dan Misi

Visi

  1. Menjadi Lembaga Pelatihan Kerja Swasta sekaligus Tempat Uji Kompetensi yang unggul di Bidang Teknologi Pengelasan Bertaraf Internasional.
  2. Indonesia menjadi resources welder profesional di dunia

Misi

  1. Menjadi jembatan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia dalam Bidang Teknologi  Las, khususnya Teknik Pengelasan Kapal & Alat Berat.
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan 3 aspek kompetensi yaitu Keahlian (Skill), Sikap (Attitude) & Pengetahuan (Knowledge).
  3. Tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan bersertifikasi di Bidang Teknologi Las ditingkat nasional maupun internasional.
  4. Rekruitmen penempatan Tenaga Las professional di Perusahaan Nasional dan Internasional.