MENGENAL PEMOTONGAN BAJA

                                                                                                                                        PEMOTONGAN BAJA

Dalam pembangunan konstruksi baja, tahap pertama yang dikerjakan ialah fabrikasi yang didalamnya merupakan pekerjaan pemotongan pelat ataupu profil baja.

 

  1. Pemotongan dengan Mesin Potong Hidrolik

Mesin potong hidrolik mengaplikasikan daya power supply yang dibuat daripompa hidraulik yang digerakkan oleh motor listrik. Mesin potong hidraulik ini dilengkapi dengan program pada panel box control hidraulik. Sistem pemotongan tipe ini cuma untuk pelat-pelat tipis.

  1. Pemotongan dengan menggunakan Gas (oxy flame cutting)

Cara pemotongan ini ialah pemotongan yang terjadi sebab adanya respons antara oksigen dan baja. Pada permulaan pemotongan, baja dipanaskan lebih dulu dengan api oxy flame cutting hingga menempuh temperatur antara 800o-900oC. Kemudian gas oksigen tekanan tinggi disemburkan ke bagian yang dipanaskan tersebut sehingga terjadilah progres pembakaran yang menyusun oksida baja. Titik cair oksida baja tersebut lebih rendah dari baja, karenanya oksida tersebut mencair dan terhembus oleh gas pemotong dengan ini terjadilah pengerjaan pemotongan.Hasil pemotongan ini diungkapkan bagus apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Alur potong cukup kecil
  2. Permukaan potong halus
  3. Terak gampang terkelupas

Untuk memenuhi kriteria hal yang demikian, mutu dari gas oksigen dan api pemanas, karakteristik alat yang diaplikasikan dan situasi pemotongan harus diatur dengan teliti.

Informasi Pendaftaran :

Kampuh Welding Indonesia

Jl. Sawo VI No 28 Kel Bringin kec. Sambikerep Kota Surabaya

Telp : 031 743 0333

klik WA : 0822 3513 3331 admin I

Klik WA : 0811 3300 998 admin II